Jangan Mengaku Traveler Kalau Belum Pernah ke Wonosobo dan Menikmati 16 Objek Wisata Berikut Ini

Wonosobo adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini memang dikenal dengan banyaknya tempat wisata. Apa aja tempat dan objek wisata tersebut? Langsung aja yuk lihat apa saja objek wisata di Wonosobo.

1. Candi Dataran Tinggi Dieng

Mungkin yang paling umum kita dengar adalah Dieng ya. Kita bahkan ngga tau sebelumnya kalau itu di Wosobo, hehe. Dieng itu adalah  kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, masuk wilayah kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. Nah di sana ada banyak sekali candi, paling ngga ada sembilan candi. Candi-candi tersebut antara lain Candi Bima, Candi Dwarawati, Candi Srikandi, Gangsiran Aswatama, Candi Semar dll.

2. Bukit Sikunir Dieng

Bukit Sikunir letaknya masih di daerah Dieng juga. Bukit ini paling cocok untuk kamu yang ingin melihat matahari terbit (sunrise). Di sini kamu bisa melihat langit berwarna orange ke kekuningan. Kunyir sendiri dalam bahasa Jawa berarti kunyit karena langit saat matahari terbit berwarna seperti kunyit, hehe.

3. Telaga Warna Dieng

Air di telaga ini berbeda dengan telaga warna. Air di telaga cebong sangat bersih dan jernih. Kedalamannya mencapai 4 meter dan sering dijadikan tempat memancing. Kamu bisa menikmati keseluruhan telaga cebong dengan menaiki perahu. Telaga cebong juga disebut telaga di atas awan karena posisinya memang berada di ketinggan 2.300 m di atas permukaan laut.

5. Sumur Raksasa Jalatunda

Untuk menuju sumur ini kamu harus menaiki 257 anak tangga. Cukup banyak ya? Kebayang capeknya, hehe. Air sumur ini berwarna hijau pekat dengan kedalaman sekitar 90 meter. Ada yang bilang sumur ini terbentuk karena letusan berapi jutaan tahun lalu. Yang unik adalah saat di atas sana kamu akan menjumpai anak-anak yang menjual batu kerikil untuk dilempar ke arah sumur. Ada kepercayaan yang mengatakan jika sanggup melempar dengan jarak tertentu, doanya akan dikabulkan. Ada-ada saja ya, hehe.

6. Telaga Pengilon

Telaga ini terletak di seebelah selatan telaga warna. Pengilon itu ngambil dari bahasa Jawa. Ngilo artinya bercermin. Iya, telaga ini memiliki air yang sangat jernih dan bening.

7. Telaga Menjer

Seperti namanya, Telaga Menjer terletak di desa Menjer, Kecamatan Garung, Kabupaten Wonosobo. Telaga ini bisa dibilang adalah telaga paling luas di Wonosobo.

8. Gunung Sindoro

Gunung ini teletak di sebelah  timur laut  kota Wonosobo. Gunung ini disebut juga dengan gunung kembar karena berdekatan dengan gunung di bawah ini.

9. Gunung Sumbing

Nah, gunung ini yang saya maksud, gunung sumbing. Jika dilihat, posisi gunung Sumbing dan Sindoro memang berdekatan. Makanya masyarakat setempat menyebut kedua gunung ini dengan gunung kembar. Namung gunung Sumbing lebih tinggi dan besar dibandingkan gunung Sindoro.

10. Museum Purbakala Kaliasa

Museum purbakala kaliasa disebut-sebut sebagai satu-satunya museum di Dieng yang masih dirawat dengan baik. Museum ini tepatnya terletak di lereng Bukit Semurup Dieng. Di sini kamu bisa melihat peninggalan peradaban Hindu dan Jawa Kuno.

11. Gunung Prahu

Gunung Prahu disebut juga gunung Prau, keduanya sama saja. Gunung ini memang tidak terlalu tinggi sehingga kadang kurang diminati oleh pendaki Indonesia. Tapi jangan salah, gunung yang juga dikenal dengan sebutan gunung seribu bukit ini menawarkan banyak keindahan.

12. Waduk Wadaslintang

Seperti namanya, waduk ini terletak di Kecamatan Wadaslintang, Kabupaten Wonosobo. Selain indah, waduk ini memiliki banyak fungsi seperti untuk irigasi, pembangkit listrik, perikanan, penampungan air dll.

13 Agrowisata Tambi

Agrowisata tambi adalah perkebunan teh di di kaki gunung Sindoro Wonosobo. Agrowisata Tambi salah satu yang paling menarik untuk dikunjungi di Wonosobo. Di sini kamu bisa melihat berbagai aktivitas pembuatan teh mulai pemetikan, proses produksi dll. Di sini juga ada kamar penginapannya lho.

14. Air Terjun Sikarim

Air terjun ini disebut juga Curug Sikarim. Ketinggian air terjun ini mencapat 24 m. Ngga jauh dari air terjun sikarim terdapat air terjun yang lebih tinggi, air terjun Sipendok. Ketinggian air terjun sipendok mencapai 70 m.

15. Pemandian Kalianget

Mandi di  pemandian air panas kalianget cukup enak. Apalagi jika kamu berlibur memang untuk melepas penat karena pekerjaan. Saat berendam di air mengandung belerang ini berbagai rasa lelah akan terasa minggat, hehe. Penyedia fasilitas juga menyediakan kolom berisi air dingin lho.

16. Goa-goa Dieng

Paling tidak ada dua goa yang menarik untuk kamu kunjungi di Dieng yaitu Goa Jaran dan Goa Semar. Goa Jaran disebut juga goa kuda karena mulut goa tersebut persis menyerupai kuda. Sementara goa semar disebut juga goa pamomong karena pernah dikunjungi para pemimpin seperti Soekarno da Soeharto.

Itulah beberapa tempat wisata di Wonosoba. Jangan lupa baca juga mengenai  wisata alam yang ada di Jakarta.

Happy traveling!

Razi.

Reply