8 Minuman Khas Riau Ini Sungguh Nikmat – Kamu Paling Suka yang Mana?

Kita kan pernah ngomongin makanan beberapa kali. Nah, sekarang kita akan bahas masalah minuman, tepatnya minuman khas Riau. Selama ini mungkin kamu hanya kenal dengan minuman Laksamana Mengamuk. Ternyata minuman khas sana ngga itu aja lho. Daripada berlama-lama, yuk check it out aja satu-satu.

1. Laksamana Mengamuk

cookpad.com

cookpad.com

Seperti yang tadi saya bilang, ini mungkin yang paling terkenal di antara minuman khas yang lain, Laksamana Mengamuk. Tenang-tenang, ngga ada yang ngamuk beneran kok. Minuman khas Riau memang namanya aneh-aneh.

Gimana cara buatnya?

Mudah kok.

Kamu tinggal sediain bahan-bahan berikut:

1. Buah Kwuini

2. Santan

3. Sirup

4. Kelapa Muda

5. Selasih

6. Es batu

7. Daun Pandan

Langkah-langkahnya seperti ini:

1. Potong buah kwuini menjadi potongan-potongan kecil berbentuk kotak

2. Masak santan hinggaa mendidih, jangan lupa masukin pandan

3. Buat sirup dengan cara merebuh air, gula, dan daun pandan. Kamu bisa menggunakan sirup yang udah jadi juga.

4. Keruk kelapa muda. Kalu bisa bentuknya memanjang.

5. Masukkan potong kwuini dan kelapa muda ke dalam gelas.

6. Tambahkan santan yang sudah dimasak dan sirup.

7. Jangan lupa tambahkan selasih dan es batu agar tambah nikmat.

Tadaaa.. Kamu sekarang sudah selesai membuat minuman khas Riau, Lakmasana Mengamuk.

Tapi tetap aja, bikinan kita ngga original. Kalau mau yang original, langsung aja sekalian traveling ke Riau, hehe.

2. Es Airmata Pengantin

youtube.com

youtube.com

Tuh kan saya bilang apa. Namanya aneh-aneh. Es ini berisi agar-agar berwarna putih, menggunakan pewarna, sirup, selasih  dan es batu serut. Namun saya ngga akan bahas cara pembuatannya ya. Kalu kebanyakan resep ntar kamu ngga kemana-kemana lagi. Hei, saya lagi tulis konten dirubrik traveling agar kamu ke Riau untuk mendapatkan minuman-minuman ini, hehe.

3. Jus Tiga Rasa

Ini sebenarnya sama seperti jus pada umumnya, namun menggunakan tiga jenis buah. Buah yang bisanya digunakan dalam membuat jus ini biasanya adalah jambu klutuk, pepaya dan pisang ambon. Ketiganya dicampur lalu tambahkan gulu dan susu kental manis lalu diblender. Jangan lupa tambahkan es dan air jeruk nipis sedikit agar lebih nikmat.

4. Es Lancang Kuning

Kalau laksamana mengamuk menggunakan buah kwuini, es lancang kuning menggunakan buah mangga. Caranya, potong buah mangga menjadi kotak-kotak kecil. Sisa dari buah mangga tadi dibuatkan jus. Kamu juga bisa menggunakan buah mangga yang lain sebagai jus nya. Saat diblender jangan lupa tambahkan gula dan susu.

Setelah jus mangga jadi, masukkan potongan mangga yang telah dipotong. Masukkan juga nata de coco. Tambahkan es biar rasanya lebih mak nyus.

Tadaa..udah jadi es lancang kuningnya. Simpel kan?

6. Air Tebu Nostalgia

Minuman ini campuran dari air tebu, jahe dan kacang tanah.

Kenapa diberinama air tebu nostalgia?

Katanya siapapun yang pernah meminumnya akan selalu teringat dan bernostalgia dengan rasanya.

Hmm, ok.

Lihat juga: 7 jenis kacang-kacangan buka kamu yang sedang diet. 🙂

7. Es Samudra

Es samudera itu enak banget. Yang menjadi kuahnya adalah campuran durian dan santan plus sirup coco pandan. Terus isinya ada rumput laut sama roti. Apalagi disajikan dingin-dingin. Beuh!

8. Es Sirop Mak Inang Sayang

Yang ini juga nikmat banget. Kalu kamu asli Riau pasti ngga asing lagi dengan minuman yang satu ini.

Yang menjadi kuah dari minuman ini adalah campuran air dan buah nanas yang telah dipotong-potong kecil lalu dimasak hingga mendidih.

Isinya adalah potongan buah apel dan serutan agar-agar. Kamu bisa menambahkan buah lainnya.

Yang menjadikannya semakin nikmat adalah adanya tambahan sirup jeruk koprok, selasih, gula dan es batu.

Beuh!

Gimana? Kapan mau ke Riau?

Oh iya, baca cara membuat es krim dengan mesin terbaik, barangkali ada yang ingin buka usaha es krim. 🙂

Reply