5 Kreasi dari Kardus oleh Tangan-tangan Kreatif

Anda pasti sudah tau kardus ya. Yang biasa digunakan untuk membungkus berbagai barang. Tapi sebenarnya kardus itu juga macam-macam dari segi bentuknya, jenis bahannya, kualitasnya dll.

Hari ini, hampir semua produk-produk baru yang beredar di pasaran dibungkus dengan kardus. Selain untuk alasan keamanan, juga untuk menambah nilai estetika dan menaikkan harga jual.

Lihat saja produk Beat by Dre misalnya, produk headphone yang sedang ramai dipakai anak muda. Kualitas headphone-nya banyak pihak yang mengatakan biasa saja, walaupun harganya selangit. Namun dengan pemasaran yang luar biasa, plus packaging yang mewah, Beat by Dre laku keras.

Seni berkardus, hehe.

Nah, di Kita mungkin kardus baru dijadikan sebatas pembungkus dan penambah nilai jual. Di luar sana, orang-orang kreatif sudah mulai menjadikan kardus untuk menciptkan hasil kreasi yang luar biasa. Sangking kerennya, rasa-rasanya tidak mungkin bahan dasarnya dari kardus.

Mari kita lihat melalui gambar-gambar ini.

1. Rumah Teh Kardus

Cardboard Tea House atau rumah tempat minum teh ini adalah sebuah bangunan kecil yang terbuat dari bahan dasar kardus. Iya, kardus beneran lho, hehe. Ruangannya tentu tidak besar, hanya sekitar 5 meter panjang.

Di saat kita masih belum mahir membuat kardus pembungkus produk yang unik, orang di luar sana sudah bisa membuat bangunan seperti ini. Mudah-mudahan bisa kita tiru ya. 🙂

2. Meja Resepsionis kardus

Rupanya kardus juga bisa disulap dan disusun sedemian rupa sehingga membentuk meja resepsionis. Salah satu kantor yang menggunakan kardus sebagai bahan dasar meja resepsionisnya adalah ECAA, Edward Cella Art+Architecture.

Kalau dilihat dengan seksama, keseluruhan meja ini memang terbuat dari kardus. Kardus disusun sedemikian rupa sehingga memiliki pola unik di bagian depan dan samping.

3. Kantor Kardus

Di Paris ada sebuah perusahaan advertising yang hampir keseluruhan ruangan kantornya terbuat dari kardus. Mulai dari dinding hingga meja-meja kantornya. Seniman yang mengerjakan proyek itu bernama Paul Caudamy. Tentu jenis kardus yang digunakan adalah kardus yang anti air. Perlengkapan lain yang dibutuhkan antara lain kayu, lem dan isolasi.

Anda ingin punya kantor seperti ini?

4. Showroom Kardus

Mungkin Anda pernah mendengar salah satu brand fahion besar di Italia, Kiton. Nah, salah satu showroom Kiton di Milan ingin membuat variasi interior agar lebih unik. Mereka kemudian mencari jasa untuk menyulap showroom mereka dengan tema kardus namun tetap elegan.

Tidak  semua bagian showroom ini terbuat dari kardus. Kardus hanya digunakan sebagai bahan dasar tempat pemajangan produk-produk mereka saja. Sementara bagian permanen seperti dinding tidak.

5. Interior Showroom

Tidak jauh berbeda dengan showroom  Kiton di Milan. Di Belanda ada sebuah brand fashion khusus pakaian pria, Common Kin. Di salah satu store mereka, mereka menggunakan teman kardus sebagai bagian dari design interior. Hasilnya cukup mengagumkan, tampilan store mereka terlihat simple, minimalis namun tetap elegan.

6. Dekorasi dengan Kardus Tabung

Selain berbentuk seperti kertas, kardus juga ada yang berbentuk tabung. Di Hiroshima, Jepang, ada salah satu store fashion yang cukup kreatif menggunakan kardus tabung untuk membuat desain interior yang unik.

Desain interior seperti ini akan memanjing pengunjung-pengunjung baru yang penasaran. Tingkat penjualan memang dipengaruhi oleh kualitas dan harga barang. Walaupun tidak langsung, desain interior unik dari tabung ini akan meningkatkan jumlah pengunjung yang pada akhirnya juga meningkatkan penjualan.

Oh iya, di Indonesia, salah satu penjual kardus terbesar adalah carikardus.com. Silakan hubungi mereka jika Anda butuh kardus untuk kebutuhan apapun.

Bagaimana? Punya ide menciptakan sesuatu dari kardus?

Tulis di komentar ya..

🙂

Reply